KPU WAY KANAN Sosialisasikan PKPU NO 28 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu...

KPU WAY KANAN Sosialisasikan PKPU NO 28 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu 2019

385
0
BERBAGI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Sosialisasi PKPU No 23 Tahun 2018 yang telah dirubah menjadi PKPU NO 28 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu 2019 bertempat di Aula Nuwa Demokrasi KPU Way Kanan, Rabu (19/9/2018) siang.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Way kanan, Darul Hafidz. Hadir juga Komisioner KPU lainnya yakni Refki Dharmawan, Doan Endedi, Winstone, Ahmad Rohim Sidik, serta Kapolres Way kanan, Komandan Kodim 0427 Way Kanan, serta perwakilan dari masing-masing parpol.

Dalam sambutannya, Darul Hafidz mengatakan, PKPU Nomor 28 merupakan perubahan dari PKPU Nomor 23 tetang kampanye Pemilu 2019.

Darul Hafidz selanjutnya memberikan informasi bahwa tahapan kampanye Pemilu 2019 akan dimulai dari tanggal 23 September 2018.

“Insya Allah mulai tanggal 23 September, menurut tahapan partai politik dan kandidat sudah bisa melaksanakan kampanye. Untuk tahapan kampanye, materi, bentuk kampaye serta ukuran dan bahan alat peraga kampanye diatur oleh PKPU,” ungkapnya.

Sementara untuk alat peraga kampanye, lanjut Darul Hafidz, KPU hanya memfasilitasi pengadaan alat peraga kampaye (APK) berupa baliho, spanduk, dan umbul umbul serta menentukan tempat pemasangannya dan lokasi kampanye. Untuk desain, pemasangan serta pemeilharaan APK merupakan tanggung jawab Partai politik peserta pemilu

“Kita harap peserta pemilu dapat bersama-sama memahami PKPU tentang kampanye yang disosialisasikan ini agar terhindar tindakan pelanggaran kampanye,” imbuhnya.


Sementara itu, narasumber dalam acara tersebut yakni Divisi SDM dan Parmas KPU Kepulauan Kabupaten Way Kanan Ahmad Rokhim Sidik, menyampaikan bahwa pada intinya sosialisasi ini dilakukan KPU dalam rangka untuk menginformasikan kepada peserta pemilu tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan di lapangan.

“Tujuannya adalah agar pelaksanaan kampanye pemilu dapat dijalankan dengan tertib,” ujar Rohim