KPU WAY KANAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERKAITAN RANCANGAN USULAN DAPIL DAN ALOKASI...

KPU WAY KANAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERKAITAN RANCANGAN USULAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI ANGGOTA DPRD WAY KANAN

156
0
BERBAGI

Jum’at, 9 Februari 2018, bertempat di Aula Nuwa Demokrasi , KPU Way Kanan meyelenggarakan rapat koordinasi penetapan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pada Pemilihan Umum tahun 2019. Pembahasan  pada penataan dapil dan alokasi kursi pemilihan anggota DPRD ini sekaligus sebagai Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Kabupaten Way Kanan pada Pileg 2019.

 

Kegiatan di mulai jam 09.20 dengan pembukaan oleh Erwan Bustami, MH, Ketua KPU KabupatenWay Kanan. Selain mengucapkan selamat datang pada peserta juga diberikan  penjelasan latar belakang, maksud dan tujuan kegiatan..Hadir dalam kegiatan ini Kasat Intel AKP. Iwan dharmawan,Pasi Intel Kodim 0427 Way Kanan, Kapt. Inf. Asyadi,  Kesbangpol Way Kanan, Disdukcapil Way Kanan, Bawaslu Way Kanan, Partai Politik yang ada di Kabupaten Way Kanan, Ketua Karang Taruna Way Kanan, Sairul Sidik, Ketua Pemuda Muhammaddiyah serta kalangan media massa.

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah  pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 oleh Darul Hafidz, S.Ag selaku Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Way Kanan. Juga disampaikan Dapil-Dapil se Kabupaten Way Kanan dalam kaitannya dengan pemilihan anggota DPRD se-Kabupaten Way Kanan.

Menurut Darul, penataan dapil dan alokasi kursi pemilu anggota DPRD Kabupaten Way Kanan pada Pemilu Tahun 2019, sebagaimana ketentuan perundang-undangan dan kondisi terkini kependudukan,  kursi untuk DPRD Kabupaten Way Kanan berjumlah 40. Jumlah kursi ini diperoleh  dari penghitungan jumlah penduduk masing- masing Kota/Kabupaten mengacu pada pasal 191 ayat (2) UU No 7 Th 2017.

 

 

Dengan dasar tersebut maka KPU mengusulkan kepada KPU RI pembagian alokasi kursi tiap kecamatan adalah sebagai berikut : Way Kanan I Blambangan Umpu dan Negeri Agung, 9 Kursi, Way Kanan II Way Tuba, Bumi Agung, Bahuga, 7 kursi, Way Kanan III Pakuon ratu, Negara Batin, Negeri Besar, 9 Kursi, Way Kanan IV Baradatu, Gunung Labuhan dan Banjit  6 kursi, Way Kanan V Banjit, Kasui dan Rebang Tangkas 9 kursi. Penghitungan tersebut adalah hasil dari simulasi penyusunan Dapil dan alokasi kursi berdasarkan DAK2 (Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan) Kabupaten Way Kanan, berdasarkan Keputusan  KPU No 13 tahun 2018. Jumlah kursi tersebut tidak berbeda dengan alokasi kursi pada pemilu 2014 yang lalu, karena tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah penduduk di Kabupaten Way Kanan.

 

 

Tahapan ini adalah bagian dari Uji Publik dengan mengumpulkan stakeholder dan selanjutnya  uji publik tentang penataan dapil dan alokasi kursi masih berlangsung mulai tanggal  7 hingga 13 Februari 2018. Diharapkan ada masukan dari stakeholders dalam rentang waktu Uji Publik ini, Selanjutnya akan dilakukan Rapat Pleno untuk mengusulkan Penetapan Penataan Dapil dan Alokasi kursi  pada hari terakhir, 13 Pebruari 2018, untuk diserahkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung.