KPU KABUPATEN WAY KANAN LAKUKAN VERIFIKASI PARPOL PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI

KPU KABUPATEN WAY KANAN LAKUKAN VERIFIKASI PARPOL PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI

134
0
BERBAGI
KPU Way Kanan Verifikasi Partai Golkar
KPU Way Kanan Verifikasi Partai Golkar

Way Kanan, kpu-waykana.go.id  — Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Way Kanan mulai melakukan verifikasi tingkat kabupaten terhadap partai politik calon peserta Pemilu 2019 mulai hari ini, Selasa (30/1). Verifikasi tingkat kabupaten ini akan dilakukan  selama tiga hari, yakni hingga Kamis (1/2).

foto bersama KPU Kabupaten Way Kanan usai memverifikasi PDIP

Jadwal tersebut sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019 dan menindak lanjuti PKPU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Verifikasi keanggotaan Partai Politik.

“Iya hari ini, kami sudah memulai verifikasi parpol ”  ucap Sukindra, M.H Komisioner KPU Kabupaten Way Kanan Divisi Hukum.

“Hari ini kami memverifikasi tujuh Partai Politik yakni PDIP, DEMOKRAT, PKB, PKS, NASDEM, GOLKAR dan PERINDO yang terdiri dari lima team. sementara untuk  Parpol lainnya kami lanjutkan besok” terang Sukindra.

Verifikasi parpol ini dilakukan Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, KPU wajib melakukan verifikasi tingkat kabupaten/kota terhadap partai-partai politik lama atau peserta Pemilu 2014 seperti yang dilakukan terhadap partai-partai politik baru.

Verifikasi Partai Demokrat Oleh KPU Kabupaten Way Kanan

Pada tahap verifikasi kali ini KPU Kabupaten Way Kanan, akan mengecek sejumlah aspek Diantaranya mengecek kesesuaian lokasi kantor partai  yang bersangkutan dengan alamat yang diserahkan kepada KPU  saat pemberkasan. Selanjutanya mencocokkan kondisi fisik anggota partai dengan dokumen identitas yang diberikan kepada KPU yakni KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) juga akan dicek. Kemudian, KPU akan mengecek keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat kabupaten kota.

Tahapan verifikasi tingkat kabupaten/kota merupakan kelanjutan dari verifikasi tingkat pusat yang telah dilakukan KPU.

Setiap partai politik harus memilki anggota di 50 %dari total kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Jika kurang, partai politik yang bersangkutan dianggap belum memenuhi syarat dan akan dilakukan perbaikan pada tanggal 3 Februari s/d 5 Februari 2018mendatang.

Verifikasi Keanggotaan Partai PKB oleh KPU Kabupaten Way Kanan
Verifikasi Keanggotaan Partai Perindo
Foto bersama KPU Kabupaten Way Kanan Usai memverifikasi Partai Golkar