Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2018 Bagi Partai Politik Se-Kabupaten Way...

Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2018 Bagi Partai Politik Se-Kabupaten Way Kanan

469
0
BERBAGI
sukindra, M.H Divisi Hukum KPU Way Kanan saat mensosialisasikan PKPU 6 Th 2017 kepada Pengurus Parpol
sukindra, M.H Divisi Hukum KPU Way Kanan saat mensosialisasikan PKPU 6 Th 2017 kepada Pengurus Parpol

Blambangan Umpu, kpu-way kanan.go.idMenjelang Verifikasi Faktual Parpol lama, KPU Kabupaten Way Kanan mengundang  para pengurus/ LO Parpol hari ini Sabtu 27/01/2018. Bertempat di Aula KPU Kabupaten Way Kana Komplek Perkantoran Pemda Way Kanan, Blambangan Umpu. KPU Way Kanan menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu, Pasca Putusan MK Nomor 53/puu -XV /2017.

Sosialisasi dibuka oleh ketua KPU Way Kanan Erwan Bustami, M.H  dan dilanjutkan oleh Sukindra, M,.H Selaku Komisioner KPU Way Kanan Divisi Hukum serta  dihadiri Komisioner Refki Dharmawan, Komisioner Darul Hafiz, S.Hi, Sekretaris KPU Way Kanan M. Arifin, S.Sos,  Ketua Panwas Kabupaten Way Kanan Yessi  Karniansyah  dan utusan Masing- masing Parpol .

Dalam arahan pembukanya Ketua KPU Way Kanan Erwan Bustami, M.H  mengatakan bahwa berdasarkan Putusan MK Nomor 53/puu -XV /2017 dan hasil Rapat Koordinasi antara KPU RI, DPR RI, Bawaslu dan Badan Kehormatan KPU. KPU RI telah menetapkan PKPU No 6 Tahun 2018 tentang tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu. Dalam PKPU tersebut sebagaimana telah dilakukan kepada Parpol Baru, akan dilakukan Verifikasi keanggotaan dan Kepengurusan Parpol secara keseluruhan termasuk Parpol lama.

” Poin -poin yang akan diverifikasi meliputi Kepengurusan Inti Parpol, Kepengurusan Kabupaten / Kota, Keberadaan Kantor /Sekretariat Parpol, Keterwakilan Perempuan dalam Kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik ( 5% Sampel dari data keanggotaan di Sipol)”, Kata Erwan

Peserta Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2018

Dikatakan bahwa secara Teknis tahapan Verifikasi Faktual Parpol akan dilakukan dimana KPU Kabupaten Way Kanan  akan mendatangi Kantor Parpol Kabupaten Kota, masing-masing pada tanggal 30 Januari – 01 Februari 2018 (3 hari ), dimana Parpol diminta untuk mengumpulkan Anggotanya di Kantor masing-masing pada saat diversifikasi. Pada tanggal 2 Febuari penyampaian hasil Verifikasi Bagi Parpol diberi kesempatan untuk perbaikan hasil Verifikasi, Pada tanggal 03-05  Februari 2018. selanjutnya pada tanggal 06 Febuari 2018 dilakukan Verifikasi Hasil Perbaikan dan pada tangggal 07 – 08 Febuari 2018  Penyusunan Berita Acara/BA Hasil Verifikasi Kepengurusan dan Keanggotaan.

Menurut Sukindra, M.H selaku Divisi Hukum KPU Kabupaten Way Kanan  Berdasarkan pengalaman Vertual terhadap Parpol baru yang dilakukan beberapa waktu lalu, bahwa ada beberapa parpol yang kesulitan mengidentifikasi keberadaan Anggotanya.

Melengkapi penjelasan sebelumnya Sukindra, M.H  mengungkapkan bahwa tujuan pertemuan atau sosialisasi ini adalah adanya kesepahaman untuk bersama siap menghadapi Verifikasi ini dengan memanfaatkan waktu yang relatif singkat.

***Admin N***

sosialisasikan PKPU 6 Th 2017 kepada  Parpol