KPU Kabupaten Way Kanan Melakukan Bimbingan Teknis Tentang Kode Etik dan Prilaku...

KPU Kabupaten Way Kanan Melakukan Bimbingan Teknis Tentang Kode Etik dan Prilaku Penyelenggara Pemilu Kepada PPK Se-Kabupaten.

97
0
BERBAGI
Bimtek Kode Etik kepada PPK se kabupaten Way Kanan

Blambangan Umpu, kpu-waykanan.go.id       Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan, menggelar bimbingan teknis KODE ETIK DAN PERILAKU PENYELENGGARA PEMILIHAN UMUM Kepada para  anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se Kabupaten Way Kanan di Aula KPU setempat. Selasa, 28/11/2017

Menurut Erwan Bustami. SH,MH selaku Ketua KPU Kabupaten Way Kanan , bimbingan teknis (bimtek) merupakan pedoman bagi para ppk dalam  melaksankan tahapan  penyelenggaraan Pilgub 2018, dengan pembekalan ini diharapkan pada ppk agar dalam pelaksanaan tahapan supaya selalu berpedoman peraturan dan per Undang-Undangan yang berlaku

“Pengetahuan tentang kode etik itu penting, sebab itu panduan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dalam penyelenggaraan pemilu,” sambungnya

Dengan demikian jelas bahwa penyelenggaraan pemilu tidak hanya diatur undang-undang, tapi juga melibatkan aturan berkenaan etika atau kode etik.

Dalam bimtek  tersebut ditekankan bahwa kode etik  penyelenggara pemilu merupakan suatu kesatuan asas moral,etika, dan filosofi yang menjadi pedoman bagi penyelenggara pemilu berupa kewajiban atau larangan, tindakan serta ucapan  yang patut atau tidak patut dilakukan oleh penyelengggara pemilu.

Sedangakan menurut Sukindra. SH,MH Komisioner KPU Kabupaten Way Kanan DIvisi Hukum. Sebagai Penyelenggara pemilu kita dituntut memiliki integritras yang tinggi, memahami dan menghormati hak-hak sipil dan hak politik dari setiap warga Negara.

pemberian materi bimtek oleh Divisi Hukum (Sukindra SH,MH)

“Untuk menjaga integritas dan profesionalitas  penyelenggara pemilu wajib menerapkan peraturan dan prinsip sebagai penyelenggara pemilu yang berpedoman pada jujur,mandiri,adil dan akuntabel” Tegas Sukindra

 

 

Para anggota PPK yang telah dikukuhkan akan bekerja hingga delapan bulan ke depan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung yang digelar pada 27 Juni 2018.

Sukindra  juga kembali berpesan agar para anggota PPK berperan aktif melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub mendatang. Lampung menjadi satu dari 17 provinsi yang menggelar pilkada serentak pada 2018.  (Admin)