Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) SE-KAB. Wa Kanan Dalam Rangka PILGUB...

Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) SE-KAB. Wa Kanan Dalam Rangka PILGUB Lampung 2018

444
0
BERBAGI
pengambilan sumpah Anggota PPK dalam Rangka PILGUB Lampung 2018

Blambangan Umpu, KPU Waykanan.go.id    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berjumlah 70 orang dari 14 kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. Kegiatan ini berlangsung di Aula kantor KPU Kabupaten Way Kanan, Jum’at  (3/11/2017).

Pengambilan Sumpah/Janji Anggota PPK dilakukan oleh Ketua KPU Kab. Way Kanan Erwan Bustami SH,.MH dengan disaksikan oleh Bupati yang diwakili oleh kepala Kesbangpol Dr. Marson, Dandim 0427 Way Kanan yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf D.B Harahap S.Sos, Ketua Panwaslu Yesi Kurniansyah.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Way Kanan Erwan Bustami mengatakan bahwa PPK selaku penyelenggara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018 dapat bekerja dengan jujur, adil dan perpegangan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan.

Erwan Bustami, SH.MH saat memberikan sambutan serta arahan ke Angota PPK dalam rangka Pilgub Lampung 2018

Erwan juga menegaskan bahwa sebagai Anggota PPK harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, memahami kode etik sebagai penyelenggara, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra penyelenggara yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil pemilu dan merupakan pelaksanaan dari akar demokrasi lokal.

Dikatakannya bahwa kunci kesuksesan pemilu itu ada beberapa faktor, pertama adalah integritas, ini adalah faktor yang paling penting karena tidak dapat dibeli dan menjadi hal yang mutlak. Kedua netralitas, jangan ada penyelenggara yang berpihak kepada salah satu calon, selalu bersikap adil kepada semua peserta pemilu. Ketiga profesionalitas, yakni sebagai penyelenggara harus banyak memahami regulasi dan jika ada persoalan agar segera dikoordinasikan, juga pandai membangun pola interaksi komunikasi, dan keempat adalah transparansi, agar selalu terbuka terhadap semua kegiatan tahapan yang berjalan tetapi kita harus menjaga jarak mana yang patut dan tidak patut.

“Sebagai penyelenggara pemilu kita tidak harus membatasi bergaul dengan siapa, tapi harus tahu, sebatas mana yang boleh mana yang tidak,“ pesan Erwan.

Selain itu Erwan Bustami menghimbau kepada PPK agar segerah melakukan koordinasi dan audiens dengan camat, kapolsek, danramil, serta para tokoh masyarakat, agama, pemuda dan semua stakeholder yang ada diwilayah masing-masing.  (Admin)