KPU Way Kanan Gelar Bimtek Tungsura

KPU Way Kanan Gelar Bimtek Tungsura

148
0
BERBAGI

12250455_1033552810023257_960086096_o (1)

BARADATU, Kpu-waykanan.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi suara, di Aula DCC Baradatu, (17-18 November 2015).

Bintek dimaksudkan untuk memastikan kesiapan berbagai komponen dalam pemungutan suara yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

Erwan Bustami, SH, MH pokja tungsura KPU Way Kanan mengatakan bahwa bimtek kali ini sifatnya cukup detil lantaran dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan kali ini memiliki perbedaan mekanisme dengan pilkada sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwan mengingatkan semua petugas PPK untuk bekerja sungguh-sungguh dan tidak menganggap remeh seluruh tahapan Pilkada, khususnya dalam penghitungan suara.

“Penghitungan merupakan hal yang krusial dalam pemilihan nanti. Karena itu, petugas di lapangan harus memahami secara cermat sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi pada hari penghitungan nanti,” pungkasnya

Selain membahas tehnik penghitungan surat  suara, Bimtek itu juga akan membahas bagaimana melakukan manajemen untuk bidang logistik dan sumberdaya manusia (SDM).

Sementara itu Refki Dharmawan mengatakan bahwa setiap PPK dan PPS dibekali Buku panduan, dalam buku tersebut diberikan tuntunan secara teknis tentang tugas-tugas masing-masing anggota KPPS. Seluruh anggota PPK, PPS, dan KPPS harus memahami pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan memahami tata cara pengisian formulir Model C, C1 dan lampirannya sehingga diharapkan seluruh proses yang dilaksanakan di TPS dapat berjalan dengan lancar dan seluruh administrasi di TPS dapat dipertanggunjawabkan kepada seluruh pihak terkait dan pada saat pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penayangan dan pemutaran video yang telah disiapkan oleh KPU tentang tata cara pengisian formulir model C, C1 dan lampirannya. Serta bagaimana cara dan proses mendirikan TPS (tempat pemungutan suara, red), bagaimana ukuran TPS, proses pemungutan suaranya, Penghitungan, Pengiriman suara dan tugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan peserta melakukan uji coba pengiriman hasil pindai C1, DA 1, DAA 1.

Ketelitian dan dokumentasi merupakan sesuatu yang sakral dalam rangkaian pemungutan suara pemilihan umum. Karena itu, petugas di lapangan, khususnya PPK dan PPS agar tidak menganggap remeh dua hal tersebut.

“Selain harus cermat dan teliti, dokumentasi jangan diabaikan. Jika semua didokumentasikan, saya yakin masalah yang (mungkin) timbul akan bisa diselesaikan dengan baik,” tambahnya.